Jangan Jadikan Daring, Pemicu Peserta Didik Menjadi Kecanduan Gadget

Jangan Jadikan Daring, Pemicu Peserta Didik Menjadi Kecanduan Gadget



Bukaransel.com – Seiring perkembangan teknologi baik perangkat keras maupun perangkat lunak, membuat banyak orang lebih memilih berinteraksi melalui dunia maya, mulai dari interaksi sosial hingga melakukan jual beli online.
Berkembangnya zaman yang menuntut seseorang harus mengikuti perkembangan zaman tersebut, agar tidak ketinggalan zaman, minimal mengenal dunia teknologi yang serba modern ini, namun sangat disayangkan kecanggihan teknologi banyak tidak tepat sasaran penggunaannya, salah satunya penggunaan android yang notabenenya digunakan untuk informasi global, transaksi dan lainnya yang tujuannya mempermudah kegiatan sehari – hari dalam melakukan transaksi online serta mengetahui informasi terbaru.

KECANDUAN BERMAIN ANDROID/ GADGET
Pengguna android saat ini tidak hanya orang dewasa, namun balitapun sudah diperkenalkan oleh orang tuanya yang tujuannya untuk menghibur anak – anak dengan berbagai tontonan video anak – anak, namun hal ini tanpa disadari oleh orang tua, hal ini akan menjadi kebiasaan orang tua dan kebutuhan balita, ketika orang tua letih hal yang dilakukan untuk menenangkan anaknya yakni dengan cara memberikan android/ gadget dengan tontonan video yang menghibur anak, sementara anakpun diam saat diberikan tontonan – tontonan yang menghibur !.
Ketika kita menyadari bahwa hal yang kita lakukan diatas sangatlah kurang bagus bagi kehidupan sosial anak, pasalnya ketika anak usia dini dimana seharusnya mereka bermain dengan keadaan lingkungan sekitar, bukan dunia maya, kebiasaan menggunakan android bagi anak sangatlah tidak bagus baik bagi kesehatan maupun perkembangan anak.
Hal ini tidak saja terjadi pada balita namun pada anak – anak remaja saat ini tengah mabuk permainan game online, permainan game online membuat anak – anak remaja lupa waktu, bahkan untuk belajarpun mereka terkadang tidak peduli walaupun ingat dengan kewajiban mereka belajar ! bahkan permainan game online ini bukan saja pelakunya para remaja bahkan orang dewasa dan orang tuapun turut memainkannya, sehingga terlena dengan waktu ! INGAT !! Terlalu lama dan mengabaikannya, candu akan permainan game online sangatlah berbahaya dampaknya bagi pengguna yang terlalu berlebihan, hingga terparah menyebabkan kerusakan saraf ! namun disamping memiliki kekurangan, memainkan permainan game online juga ada manfaat yang didapat.
Banyak hal negative yang akan terjadi pada kita yang hobi dalam bermain game online diantaranya; Menyebabkan Kecanduan, Kurangnya Pergaulan, Perubahan Prilaku, Depresi, Gelisah, Pemala bahkan Tertutup dan lainnya, apalagi saat ini semua peserta didik di tuntut untuk belajar daring, pengawasan orang tua sangat dibutuhkan.
      Oleh karena itu untuk setiap orang tua harus bisa memperhatikan pertumbuhan dan perkembangan baik luar maupun dalam anak-anak.lebih memperhatikan waktu dan kesempatan untuk bermain bersama anak-anak agar mereka tidak selalu  menyendiri dan bermain game atau sejenisnya.

MANFAAT BERMAIN GAME ONLINE
Ada beberapa yang menjadi keuntungan bagi pengguna android/ gadget saat bermain game online dan mampu mengontrol kapan saatnya online dan kapan berhenti menggunakan android, manfaatnya antara lain :

Melatih Kempampuan Sesorang dalam Memahami Bahasa
Rata – rata permainan game online menggunakan bahasa Inggris, dimana pada saat memulai permainan, pemain biasanya diminta melakukan penyetingan, namun bahasa tersebut dalam bahasa inggris, mau tidak mau pemain harus memahami apa arti dan tujuan dari bahasa – bahasa yang tertera pada setingan game tersebut, sehingga tanpa disadari, pemain game hafal dan memahami arti dari bahasa inggris pada menu – menu yang disediakan game online.

Melatih Logika Pemain
Setiap permainan game pasti memiliki rintangan dan tantangan yang harus diselesaikan, terkadang baru main sudah kalah, bahkan ada yang main hingga level – level tertentu, untuk menuju ke level tertentu, sudah pasti kita sudah dan bisa memahami strategi permainan tersebut, dimana strategi permainan tersebut kita sendiri yang memikirkan bagaimana caranya untuk menyelesaikan satu level, jika satu level terselesaikan artinya anda sudah memahami logika dalam permainan memenangkan satu level permainan, dan lanjut ke level berikutnya dengan strategi yang berbeda pula.

Merangsang Imajinasi
Permainan game online maupun offline sudah pasti membawa pemainnya selalu berimajinasi untuk memenangkan permainan dan mampu mengalahkan semua rintangan yang ada.

Melatih Fokus
Dalam permainan game, pemain selalu berusaha fokus untuk memenangkan pertarungan, bahkan fokus dalam mengetahui posisi dimana lawan.

Melatih Reflek
Bahkan tidak jarang permainan game sangat dibutuhkan gerak reflek untuk menumbangkan musuh yang secara mendadak menghadang dan mencoba menyerang

Melatih Kerjasama
Kerjasama adalah hal yang utama dalam permainan sebuah game, yang sifatnya bermain dengan team, karena kerjasama dalam tim adalah kunci dalam keberhasilan dan kemenangan.

Malatih OTak
Bermain video game juga dapat membuat otak untuk bekerja lebih keras saat bermain, hal tersebut dikarenakan saat bermain dibutuhkan sebuah strategi dan juga formasi memori yang jitu untuk memenangkan sebuah permainan. Dengan begitu secara langsung ia memiliki fungsi pula dalam melatih kemampuann moterik anak

Tahukah Kamu, Sebab Terjadinya Petir

Tahukah Kamu, Sebab Terjadinya Petir


Bukaransel.com – Teman – teman pernah mendengar yang namanya Petir, kilat, atau halilintar ? ini adalah gejala alam yang biasanya muncul pada musim hujan saat langit mulai ditutupi awan dan gelap biasanya disertai kilatan cahaya sesaat yang membuat tulang kita menjadi ngilu, usai kilat sesaat kemudian disusul dengan suara menggelegar yang disebut guruh. Perbedaan waktu kemunculan ini disebabkan adanya perbedaan antara kecepatan suara dan kecepatan cahaya.

Petir merupakan gejala alam yang bias dianalogikan dengan sebuah kondensator (penyimpan tenaga listrik) raksasa, saat lempeng pertama berupa awan (bisa lempeng negatif atau lempeng positif) dan lempeng keduanya adalah bumi (dianggap netral). Seperti yang sudah diketahui kapasitor adalah sebuah komponen pasif pada rangkaian listrik yang bisa menyimpan energi sesaat (energy storage). Petir juga dapat terjadi dari awan ke awan (intercloud) yang salah satu awan bermuatan negatif dan awan lainnya bermuatan positif.

Petir terjadi karena ada perbedaan potensial antara awan dan bumi atau dengan awan lainnya. Proses terjadinya muatan pada awan karena dia bergerak terus menerus secara teratur, dan selama pergerakannya dia akan berinteraksi dengan awan lainnya sehingga muatan negatif akan berkumpul pada salah satu sisi (atas atau bawah), sedangkan muatan positif berkumpul pada sisi sebaliknya. Jika perbedaan potensial antara awan dan bumi cukup besar, maka akan terjadi pembuangan muatan negatif (elektron) dari awan ke bumi atau sebaliknya untuk mencapai kesetimbangan. Pada proses pembuangan muatan ini, media yang dilalui elektron adalah udara. Pada saat elektron mampu menembus ambang batas isolasi udara inilah terjadi ledakan suara. Petir lebih sering terjadi pada musim hujan, karena pada keadaan tersebut udara mengandung kadar air yang lebih tinggi sehingga daya isolasinya turun dan arus lebih mudah mengalir. Karena ada awan bermuatan negatif dan awan bermuatan positif, maka petir juga bisa terjadi antar awan yang berbeda muatan.

PENELITIAN AWAL
Pada awal penyelidikan listrik melalui tabung Leyden dan peralatan lainnya, sejumlah orang (Dr. Wall, Gray, AbbĂ© Nollet) mengusulkan spark skala kecil memiliki beberapa kemiripan dengan petir.
Benjamin Franklin, yang juga menemukan penangkal petir, berusaha mengetes teori ini dengan menggunakan sebuah tiang yang didirikan di Philadelphia. Selagi dia menunggu penyelesaian tiang tesebut, beberapa orang lainnya (Dalibard dan De Lors) melakukan di Marly di Prancis apa yang kemudian dikenal sebagai eksperimen Philadelphia yang Franklin usulkan di bukunya. Franklin biasanya mendapatkan kredit untuk menjadi yang pertama mengusulkan eksperimen ini, karena dia tertarik dalam cuaca.

RISET MODERN
Meskipun eksperimen dari masa Franklin menunjukkan bahwa petir adalah sebuah discharge dari listrik statis, hanya ada sedikit peningkatan dalam teori ini selama lebih dari 150 tahun. Pendorong untuk riset baru berasal dari bidang teknik tenaga: jalur transmisi tenaga digunakan dan teknisi ingin mengetahui lebih banyak tentang petir. Meskipun sebabnya diperdebatkan (dan masih berlanjut sampai sekarang), riset menghasilkan banyak informasi baru tentang fenomena petir, terutama jumlah arus dan energi yang terdapat.

AGAR TERLINDUNG DARI PETIR
Manusia selalu mencoba untuk menjinakkan keganasan alam, salah satunya adalah bahaya sambaran petir. Ada beberapa metode untuk melindungi diri dan lingkungan dari sambaran petir. Metode yang paling sederhana tetapi sangat efektif adalah metode Sangkar Faraday. Yaitu dengan melindungi area yang hendak diamankan dengan melingkupinya memakai konduktor (alat penghantar listrik misalnya seperti besi, kawat dan lainnya) yang dihubungkan dengan pembumian.
Sumber : wikipedia